Tuesday, July 31, 2012

Yii Framework




 Cuma share aja nich tentang yii framework, sapa tau temen temen lum tau tentang yii tapi kalau sudah tau ya bagus dech ....hehehehe berarti expert banget tuch codingnya xixixixi.... Sama CI menurut saya tidak ada bedanya sech cuma strukturnya aja sech kayaknya yang beda tapi alurnya kayaknya sama aja dech.... ( sok tau :p ) yadah dech langsung aja di lihat dan di baca-baca siapa tau  berminat memakai.



Apa Itu Yii Framework...???

Yii dibaca “Yee” atau ji", yang berarti "Ya Apa Adanya!". yang merupakan suatu respon/jawaban yang akurat dan paling ringkas dari pertanyaan yang diajukan oleh pengguna baru Framework Yii:
Apakah cepat? ... Apakah aman? ... Apakah profesional? ... Apakah benar untuk proyek berikutnya? ... Maka cukup dijawab “Ya, itu!”

Yii gratis dan open source.  Yii ditulis dalam bahasa PHP5, dengan desain sederhana dan dapat digunakan untuk pengembangan web. Yii bekerja untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi web yang sangat efisien, extensible, dan dapat di-maintenence.

Untuk dapat membangun sebuah aplikasi web secara optimal, maka Yii adalah pilihan yang sempurna untuk membuat sebuah proyek web. Namun, meskipun Yii sudah menjadi aplikasi yang canggih. Anda masih memiliki kontrol penuh atas konfigurasi secara keseluruhan agar sesuai dengan kebutuhan pengembangan Anda.

Kelebihan Yii Framework dibanding framework-framework lain adalah
  1. Framework Yii mempunyai arsitektur MVC (Model-View-Controller).
Dengan MVC, pihak pengembang aplikasi dapat lebih mudah mengubah suatu bagian dalam aplikasi tanpa harus mengubah bagian yang lainnya. Dalam MVC, model menggambarkan informasi atau data beserta aturan bisnisnya (validasi, relasi, dll). View atau tampilan menggambarkan antarmuka yang menjadi penghubung antara aplikasi dan pengguna (user). Sedangkan controller akan menjadi jembatan komunikasi antara Model dan View.
  1. Dokumentasinya lengkap
·         Program dan dokumentasinya bisa dilihat di http://www.yiiframework.com/download/.
·         Untuk tutorial bisa dilihat di http://www.yiiframework.com/tutorials/ .
·         Tutorial-tutorial lain bisa dilihat di http://www.yiiframework.com/wiki/.
·         Class Referencenya bisa dilihat di http://www.yiiframework.com/doc/api/ .
  1. Ada code generatornya (Pembuat Kode)
Dalam pemrograman web yang mengguanakan database, kita tentunya banyak menyusun kode untuk menangani Create record (menambah), Read recourd (membaca), Update record (merubah) dan Delete record (menghapus). Tentunya banyak waktu yang digunakan untuk membuat kode-kode PHP secara manual. Tetapi dengan Yii framework kita mudah membuat program seperti itu dengan langkah-langkah:
·         Membuat  tabel databasenya terlebih dahulu
·         Menjalankan wizard untuk membuat coding Modelnya
·         Menjalankan wizard untuk membuat View dan Controllernya
·         dan selesai. Program Langsung jadi dalam hitungan menit (Jika sudah terbiasa)
Dengan adanya code generator CRUD (Create Read Update dan Delete) ini, maka akan sangat membantu proses menyusun kode PHP.

No comments:

Post a Comment