Friday, August 3, 2012

UJIAN PJJ

Soal-1
Perbedaan dari sisi :
·         Pengajar ( Guru / Dosen )
o   Dalam sisi pendidikan tatap muka adalah dimana guru harus bias menyampaikan materi dengan lebih banyak dilakukan secara tatap muka. Dan guru pun dituntut harus mengajar dengan materi yang disajikan secara langsung.
Dan kurangnya efeksitas waktu bagi siswa maupun guru.
o   Sedangkan pendidikan jarak jauh faktor yang penting untuk keberhasilan sistem pendidikan jarak jauh adalah perhatian, percaya diri guru, pengalaman, mudah menggunakan perlatan, kreatifitas dan kemampuan menjalin interkasi dan komunikasi jarak jauh dengan siswa. Juga memperhatikan hambatan teknis yang mungkin terjadi, sehingga pendidikan jarak jauh bisa berlangsung efektif. Dan menejemen waktu pun juga sangat flexible. Guru pun dalam hal ini bersifat sebagai tutor.
·         Peserta didik
o   Dalam sisi pendidikan tatap muka terkadang siswa kurang mengerti apa yang disampaikan oleh guru dan siswa pun terkadang juga malu untuk bertanya langsung kepada guru kalau siswa tersebut kurang mengerti apa yg disampaikan oleh guru. Dan batas waktu yang materi yg disampaikan oleh guru sangat terbatas.
o   Dalam pendidikan jarak jauh siswa lebih percaya diri ketika mereka melakukan pembelajaran secara online , mereka bias bertanya puas bertanya kepada tentor karena tidak langsung bertemu, ini sangat membantu siswa dketika dalam kelas malu bertanya.dengan adanya pjj siswa lebih punya bnyak waktu belajar.sehingga bisa dilakukan dimana saja / diluar kota maupun pulau tanpa ada batasan waktu.
·         Bahan ajar yang digunakan bisa
o   Dalam pendidikan jarak jauh media digital seperti tv,radio, chating lah yang digunakan untuk berkomunikasi.sehingga memudahkan untuk mempelajari modul ataupun ujian secara online
o   Dalam tatapmuka guru sering menggunakan media cetak seperti buku, LKS dan lain lain.

Soal-2
Kriteria yang dibutuhkan dalam pendidikan jarak jauh adalah media yang dapat memnyampaikan materi dengan sangat tepat seperti media digital seperti video, maupun audio sehingga dapat membantu berinteraksi dengan baik. Sehingga sarana komunikasi yang menjembatani antara pengajar dan siswa. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi makan pendidikan jarak jauhpun mengalami perkembangan. Dengan meningkatkan teknologi maka daya jangkauan menjadi sangat luas dan efectif dalam penyampaian materi .

 Soal-3
      Pendukung PJJ
o   Adanya Internet
o   Handphone
o   Email
o   LMS
o   CD/Video
o   SMS
    Kendala PJJ
o   Kurang mengerti mengenai ITC
o   Terbatasnya jaringan internet dipelosok
o   Kurang mengerti mengenai internet atau cara menggunakanya
 

No comments:

Post a Comment