Monday, July 30, 2012

Java


Apa Itu Java?
Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OPP) dan Java juga dapat berjalan di berbagai Sistem Operasi. Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi desktop, web dll. Java juga disebut Development Ennvironment yang menyediakan banyak tools antara lain : compiler, interpreter, penyusun dokumentasi , paket kelas dsb.
Aplikasi dengan teknologi Java secara umum adalah aplikasi yang dapat dijalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment(JRE).
 Pada awalnya sekelompok insunyur Sun yang dikomandoi oleh Patrick Naughton dan James Gosling ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer seperti cable TV Box, karena perangkat tersebut tidak memiliki  banyak memori maka bahasa harus berukuran kecil. dan karena manufaktur berbeda memilih prosesor berbeda pula maka bahasa harus bebas dari manufaktur.
Karena kebutuan yang seperti ini mengantarkan Tim yang memberi nama proyek ini dengan sebutan "Green" harus mempelajari implementasi Pascal yang sudah pernah dicoba.Niklaus Wirth,
pencipta bahasa Pascal telah merancang bahasa portabel yang menghasilkan intermediate code untuk mesin hipotesis. Mesin ini sering disebut dengan mesin maya (virtual machine).Kode ini kemudian dapat digunakan di sembarang mesin yang memiliki interpreter. Proyek Green menggunakan mesin maya untuk mengatasi isu utama tentang netral terhadap arsitektur mesin. Karena orang-orang di  Proyek Green berbasis C++ dan bukan Pascal maka kebanyyakan sintaks diambil dari C++. Pada awalnya bahasa ini diberi nama "Oak" oleh James Gosling. Namun karena nama Oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang telah ada sebelumnya, kemuudian SUN menggantinya dengan Java. Nama JAVA sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi yang kemudian tidak sengajan salah satu dari mereka menyebutkan kata JAVA yang mengandung arti asak biji kopi. Akhirnya mereka sepakat memberi nama bahasa pemrograman tersebut dengan nama Java dan logonya pun adalah secangkir kopi.

No comments:

Post a Comment